Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laporan Forensik Ungkap 18 Lubang Peluru di Jenazah 6 Laskar




BACANEWS.ID - Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menemukan 18 lubang peluru di tubuh 6 jenazah Laskar FPI yang tewas dalam bentrok dengan polisi di Tol Jakarta – Cikampek KM 50.

Pernyataan ini diungkap polisi berdasarkan laporan forensik tentang kondisi 6 jenazah Laskar FPI.

“Secara umum ada delapan belas luka tembak, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan lain pada tubuh seluruh jenazah,” kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian S Djajadi dikutip dari Tempo, Jumat (18/12/2020).

Andi enggan mengungkap lebih detail terkait hal itu. Dia hanya menyebut temuan itu berdasarkan laporan dari temuan ahli forensik mayat yang ditugaskan. Keenam jenazah itu diketahui diautopsi di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

Dia juga masih enggan mengambil kesimpulan dari temuan tersebut. “Penyidik belum menyimpulkan terkait penanganan kasus secara utuh,” kata Andi.

Temuan ini merupakan pemeriksaan lanjutan dari Bareskrim terkait kejadian bentrok tersebut. Terdapat perbedaan kronologis kejadian antara pihak Polda Metro Jaya yang menugaskan petugas ke lokasi, dengan pihak FPI.

Polisi bersikeras bahwa mereka menembak karena laskar yang ditangkap menyerang petugas lebih dulu dengan senjata tajam dan senjata api. Sementara FPI mengklaim polisi membuntuti mereka dan menembaki anggotanya yang tak bersenjata.

Enam anggota laskar FPI yang tewas tersebut ialah Andi Oktiawan (33), Faiz Ahmad Syukur (22), Ahmad Sofiyan alias Ambon (26), Muhammad Suci Khadavi (21) dan Lutfi Hakim (25) dan Muhammad Reza (20).