• Jelajahi

    Copyright © BacaNews | Baca Berita
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    iklan atas

    Buzzer, Makhluk Pemecah Belah Bangsa

    BacaNews.id
    15 Februari 2021


    Oleh:Qomaruddin

    HADIRNYA buzzer dikanca perpolitikan Indonesia memberikan dampak tersendiri. Awalnya, buzzer berkembang sebagai sebuah strategi pemasaran untuk mempromosikan produk guna mendongkrak penjualan.

    Kemudian fungsi buzzer berubah pada 2012 ketika pasangan Jokowi-Ahok menggunakan pasukan media sosial untuk mendorong segala wacana atau isu politik. Dan sampai sekarang eksistensi buzzer itu masih ada. Buzzer-buzzer ini diorganisir dalam rangka untuk melakukan war opinion terhadap lawan-lawan politik.

    Mengamati buzzer yang sering melakukan counter opinion terhadap para kritikus menjadikan pemikiran kita confused, betapa tidak deskripsi yang didengungkan dominan fallacy namun selalu hadir dan viral. Fallacy-fallacy yang disuguhkan di publik oleh buzzer melalui medsos seolah menjadi kebenaran baru bagi orang awam bila pengamatannya hanya dilakukan secara sepintas. Mereka menjelma menjadi demagog bagi publik yang tidak memiliki pengetahuan dan kesadaran kritis.

    Diakui atau tidak faktanya para buzzer memiliki power yang luar biasa kuatnya, walaupun deskripsi yang disajika tak beraturan (kontradiktif), sebuah kalimat dan diksi yang destruktif namun memiliki power destroyer bagi para kritikus, baik dari akadimik maupun para ahli atau profesional. Selagi mereka mengkritik pemerintah maka buzzer akan hadir dengan kekuatan destroyernya.

    Pada prinsipnya demokrasi akan tumbuh dengan baik bila kebebasan berbicara dan ekspresi (freedom of speak and ekspretion) dilindungi dan diberikan ruang bagi masyarakat untuk memberikan kontrol dan pengawasan bagi pemerintah, agar pemerintah menjalankan fungsinya seperti mandat publik yang diberikan pada pemerintah (teori kontrak sosial).

    Namun apa yang terjadi sekarang bukanya pemerintah yang dikontrol malah sebaliknya, para buzzer memberikan kontrol secara over pada para pengkritik pemerintah, lebih dari itu kalimat atau diksi yang tak etis, berupa cibiran dan makianpun dilontarkan. Bahkan, masalah pribadi para kritikus juga didengungkan sebagai bagian gerakan demagog agar publik juga ikut mendeskriditkan para kritikus-kritikus pemerintah.

    Buzzer memiliki kekuatan yang luar biasa karena mereka dibayar seperti pernyataan buzzer yang bernama Abu Jandal. Abu Jandal membirikan kesaksian kalau beliau sebagai buzzer telah dibiayai atau digaji dengan jumlah yang fantastis. Untuk memperkuat tesis di atas telah ditemukan juga anggaran Rp 90 miliar/tahun di Kementerian Kominfo yang dialokasikan untuk buzzer atau influencer.

    Jika fenomena buzzer dan anggaran Rp 90 miliar ada korelasi yang kuat, maka sesungguhnya demokrasi yang dibangun dengan kebebasan berbicara dan ekspersi ini telah dibajak dan dihianati oleh para buzzer dan kekuasaan. Hal itu kita bisa katakan karena ada yang kontradiktif interminus dalam dinamika demokrasi di negeri ini.

    Di satu sisi kita diminta untuk bebas berpendapat, tapi di sisi lain ada gerakan character assassination oleh para buzzer. Bahkan, ada jebakan buzzer pada kritikus, bila kritikus diangap menghina pada pemerintah maupun lingkaran pemerintah, maka akibat dari reaksi atau merespon para buzzer, konsekuensinya adalah penjara dan ini telah terjadi berkali-kali terhadap para pengkritik kekuasaan.

    Gerakan pembunuhan karakter oleh buzzer terhadap kritikus banyak terjadi, mereka melakukan hal tersebut dengan cara penyerbuan bersama-sama dengan kata-kata dan kalimat yang negatif, tidak etis, rasis, fitnah atau hoax. Bahkan secara ramai-ramai para buzzer mempersonifikasi kritikus sebagai kaum intoleran, radikal dan teroris, tiga kalimat ini menjadi jurus jitu para buzzer dalam melemahkam kaum kritikus. Dan hal itu sekarang terjadi pada Bapak Din Syamsudin mantan Ketua Umum PP Muhammadiya yang moderat dan moderen.

    Selain kapital, buzzer juga di suplay data-data untuk mendukung gerakan character assassination seperti halnya yang terjadi pada begawan ekonomi kita Kwik Kien Gie dan Rizal Ramli. Mereka sebenarnya hanya memberikan kritikan dan masukan yang konstruktif pada pemerintah. Namun apa yang terjadi pada beliau, respon para buzzer yaitu dengan menghujam cacian, makian, cibiran, hoax, dan fitnah bahkan persoalan pribadipun diangkat di publik. Padahal tidak ada kaitanya dengan konten kritik beliau.

    Dengan kekuatan yang mereka miliki, buzzer seringkali melakukan sikap yang kontradiksi, mereka suka memberikan penafsiran sendiri tentang beberapa diksi yang memiliki resistensi tafsir. Dengan keleluasaan yang dimiliki buzzer mudah menjustifikasi lawan politik kekuasaan sebagai kaum radikal, intoleran dan teroris.

    Hal ini sangat membahayakan kehidupan sosial kita dalam berbangsa dan bernegara. Secara prinsip kita semua bersepakat bahwa gerakan intoleran dan radikalisme harus kita lawan apapun latar belakangnya. Cuman kita juga tidak boleh menjadikan diksi radikalisme dan intoleran sebagai alat politik untuk memukul kritikus atau oposisi, itu namanya fallacy over generalisir.

    Masa orang hanya berbaju kokoh dan kopyah putih sudah dijustifikasi sebagai golongan intoleran, inikan sangat picik pemikiranya. Sampai Cak Nun dan Pak Din Syamsuddin tokoh pengagas Islam moderatpun di fitnah sebagai kaum radikal ini bagian dari kekacuan berpikirnya buzzer.

    Dari berbagai macam dampak dari prilaku buzzer sekarang, kita bisa ambil tesis bahwa prilaku buzzer kekuasaan telah merusak tatanan demokrasi, selain itu buzzer secara eksplisit juga telah memberikan akibat pada perpecahan bangsa ini.

    Disparitas antar anak bangsa terjadi karena pendengung yang selalu melabeli sebagian anak bangsa kita sebagai kaum radikal dan intoleran, mereka sendiri tidak sadar bahwa sikapnya dalah bagian dari intoleran dan radikal. Kalaupun sikapnya buzzer diangap toleran tapi toleran yang menindas.

    Toleransi pada masa ini tampak bertentangan dengan apa yang dulu menjadi asal-usulnya, dalam pandangan almarhum almaghfurllah KH. Abdurrahman Wahid bahwa toleransi bukan hanya sekedar menghormati atau tenggang rasa, tetapi harus diwujudkan pengembangan rasa saling pengertian yang tulus dan bijaksana, kemudian diteruskan dengan saling memiliki dalam kehidupan menjadi “ukhuwah basyariyah”. (Wahid, 1981: 173).

    Namun, justru yang terjadi sekarang berbeda, bahwa apa yang dinyatakan dan dipraktikkan sebagai toleransi masa ini menjadi alat penindasan dalam banyak perwujudannya, mereka yang menyatakan paling toleran, penjaga Pancasila, namun malah berbuat rasis, memfitnah orang lain sebagai kaum radikal dan intoleran. Jadi sikap buzzer ini katanya toleran tapi menindas.

    Untuk itu, para buzzer berhentilah bersikap sebagai buzzer yang mengumbar fitnah, hoax, dan cacian. Mari kita rangkul saudara kita semua demi membangun bangsa kita yang adil dan beradab.

    (Kepala Biro Pembangunan Desa Tertinggal DPP Partai Demokrat)

    Terkini

    .....KLIK 2X (CLOSE).....
    mesothelioma claims process motorcycle personal injury lawyer motorcycle accident attorney san diego truck accident attorney san antonio dallas truck accident lawyer mesothelioma lawyer directory injury atty colorado springs car accident attorney sokolove law mesothelioma auto accident lawyers in houston tx best mesothelioma law firms mesothelioma attorney houston motorcycle accident attorney orange county how to sell structured settlement california motorcycle accident lawyer mesothelioma financial help motorcycle injury attorney mesothelioma veterans mesothelioma help fort lauderdale accident attorney motorcycle accident lawyer los angeles austin texas personal injury attorney pleural mesothelioma stages lawyers for car accident mesothelioma settlement fund auto accident attorney colorado springs accident attorneys motorcycle accident attorney near me mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit mesothelioma claims time limit personal injury attorney broward county car accident lawyer near me car accident lawyer fort lauderdale motorcycle accident lawyer san diego austin dui lawyer mesothelioma attorney california truck accident lawyer chicago car accident lawyer moreno valley boise accident lawyers louisville accident attorney car accident lawyers west palm beach tennessee mesothelioma lawyer diagnosed with mesothelioma mesothelioma compensation accident attorney riverside ft lauderdale car accident lawyer auto accident attorney san antoniomotorcycle lawyer los angeles colorado springs personal injury attorney personal injury lawyer should i get an attorney after a car accident top mesothelioma law firm car accident lawyer augusta attorney lawyer mesothelioma accident attorney rancho cucamonga car accident lawyer joliet il ar accident lawyer ny car accident lawyer in phoenix personal injury attorney fort myers personal injury lawyer kentucky structured settlement companies lawyers for asbestos cases phoenix wrongful death lawyer sell annuity payments personal injury attorney inland empire educatial leadership doctoral programs online rutgers mini mba digital marketing reviews term life insurance quotes online best asbestos lawyers asbestos exposure attorneys life insurance quotes car donation nj donate your car bay area amvets car donation donate car nj tax deduction auto insurance companies term life insurance quotes donate car to charity california life insurance over best car donation program digital marketing certificate programs online auto insurance troy mi auto insurance michigan instant life insurance quotes bitcoin merchant account Donate Car For Tax Credit best place to donate a car term life insurance car insurance companies how to get pre approved mortgage refinance loan alliant merchant services kredit 1 hosting web daftar domain cloud server gratis reseller domain murah cloud hosting indonesia terbaik cloud hosting terbaik di indonesia internet marketing email hosting unlimited advokat dedicated server murah hostinger review wordpress hosting indonesia harga sewa cloud server promo hosting indonesia kegunaan internet virtual private server indonesia allianz indonesia travel insurance sewa cloud server web hosting gratis cloud server indonesia web hosting adalah freenom domain gratis hosting terbaik untuk wordpress vps linux murah dedicated server indonesia murah domain dan hosting adalah web hosting terbaik di indonesia web hosting indonesia terbaik cloudindonesia webhost indonesia cara hosting web buatan sendiri hosting terbaik indonesia cloud hosting murah kecelakaan semarang hari ini hosting dan domain kecelakaan pesawat lion air ppc terbaik selain google adsense domain gratis selain freenom situs iklan gratis terlaris laporan keuangan perusahaan tbk hosting gratis dedicated server indonesia cloud hosting indonesia promo web vps windows indonesia hosting murah gratis domain hosting murah unlimited premi asuransi mobil cara membuat domain dan hosting gratis jasa pembuatan website jakarta jasa pembuatan website profesional kursus seo subdomain gratis keyword cpc tinggi 2018 domain gratis kecelakaan hari ini di semarang jasa pembuatan website bekasi jasa pembuatan website hosting gratis unlimited penyedia domain gratis hosting termurah iklan mahal admob jasa seo jakarta alternatif adsense pasang iklan teratas cpanel gratis unlimited hosting gratis indonesia