• Jelajahi

    Copyright © BacaNews | Baca Berita
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    iklan atas

    X

    Viral Video Kunker Jokowi Di NTT Timbulkan Kerumunan, Ini Kata Istana

    BacaNews.id
    23 Februari 2021

    BACANEWS.ID - Beredar sebuah video kunjungan kerja Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menyebabkan kerumunan. Dalam video berdurasi 30 detik itu, tampak Presiden Jokowi tengah berdiri di mobil yang atapnya terbuka, lalu ia melambai-lambaikan tangannya kepada masyarakat.

    Di video tersebut juga terlihat kerumunan massa yang tengah mengerubungi Jokowi bak gula di antara semut. Padahal Jokowi dan pemerintah sendiri sering mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga jarak dan tidak berkerumun di tengah pandemik COVID-19 ini.

    Menanggapi video yang beredar itu, Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Bey Machmudin menjelaskan bahwa video tersebut memang saat Jokowi berada di Maumere, NTT. Kejadian itu terjadi saat Jokowi hendak meresmikan Bendungan Napun Gete.

    "Saat dalam perjalanan, masyarakat sudah menunggu rangkaian di pinggir jalan, saat rangkaian melambat masyarakat maju ke tengah jalan sehingga membuat iring-iringan berhenti," kata Bey dalam keterangannya, Selasa (23/2/2021).

    1. Istana katakan kerumunan terjadi karena spontanitas masyarakat yang antusias bertemu Jokowi

    Menurut Bey, adanya kerumunan tersebut bukan disengaja, melainkan spontanitas masyarakat karena antusias bertemu Jokowi. Sehingga, mereka menyambut kedatangan Jokowi.


    "Dan kebetulan mobil yang digunakan Presiden atapnya dapat dibuka, sehingga Presiden dapat menyapa masyarakat, sekaligus mengingatkan penggunaan masker," ujar Bey.

    "Karena kalau diperhatikan, dalam video tampak saat menyapa pun Presiden mengingatkan warga untuk menggunakan masker dengan menunjukkan masker yang digunakannya," katanya lagi.

    2. Pembagian souvenir yang dilakukan Jokowi disebut untuk menghargai antusiasme masyarakat

    Dalam video yang beredar itu, terlihat juga mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut membagikan souvenir kepada masyarakat. Meski begitu, Bey menyebut bahwa Jokowi tetap mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

    "Itu spontanitas presiden untuk menghargai antusiasme masyarakat, suvenirnya itu buku, kaos, dan masker. Tapi poinnya, Presiden tetap mengingatkan warga tetap taati protokol kesehatan," ujar Bey.


    3. Jokowi bertolak ke NTT untuk tinjau lumbung pangan dan resmikan Bendungan Napun Gete

    Pada hari ini, Presiden Joko "Jokowi" Widodo memang diagendakan bertolak menuju Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam rangka kunjungan kerja. Agenda kunjungan kerja Jokowi yakni meninjau lumbung pangan dan resmikan Bendungan Napun Gete di NTT.

    Setibanya di Bandar Udara Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, Jokowi diagendakan langsung menuju lokasi lumbung pangan atau food estate. Lumbung pangan tersebut terletak di Desa Makata Keri, Kecamatan Katiku Tana, Kabupaten Sumba Tengah.

    "Di lokasi tersebut Kepala Negara akan melakukan peninjauan area lumbung pangan padi yang menjadi program jangka panjang pemerintah untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur," tulis rilis Sekretariat Presiden, Selasa (23/2/2021).

    Sehabis meninjau lumbung pangan, Jokowi akan langsung menuju Kabupaten Sikka dengan menempuh perjalanan udara untuk meresmikan, sekaligus meninjau bendungan Napun Gete atau bendungan yang telah dibangun sejak 2016 tersebut.

    Terkini