• Jelajahi

    Copyright © BacaNews | Baca Berita
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    iklan atas

    Cek Fakta: Foto Jokowi Menenggak Miras, Ini Faktanya

    BacaNews.id
    4 Maret 2021

    BACANEWS.ID - Beredar sebuah foto Presiden Joko Widodo yang dinarasikan tengah menenggak minuman keras. Foto beredar di facebook.

    Akun facebook Sanggrama Wijaya membagikan foto ini pada 1 Maret 2021. Dalam fotonya Jokowi tengah menenggak minuman dari sebuah botol. Dalam unggahannya ia memberikan narasi sebagai berikut.

    "Wadoh ati ati kesedak miras ntr malah amblas nyawamu"



    Penelusuran:

    Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim foto Presiden Joko Widodo tengah menenggak miras adalah salah. Faktanya, foto tersebut adalah momen ketika Jokowi minum air mineral karena kehausan saat mengikuti karnaval di Bundaran Hotel Indonesia.

    Foto asli ditemukan dalam artikel berjudul "Ketika Jokowi Kehausan di Lautan Manusia, Warga dan Turis Terpesona". Foto dimuat di detik.com pada 1 Juli 2013. Saat itu Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Jokowi menjadi 'bintang utama' dengan memakai kostum bak kaisar. Setiap gerakan Jokowi menyihir penonton, termasuk saat dia kehausan.

    Rasa haus itu muncul saat dia berkuda di tengah lautan manusia. Tanpa perlu jaim, Jokowi melepas topi kaisarnya yang cukup berat lalu menenggak minuman air putih botolan. Warga dan turis tampak terpesona.

    Ekspresi Jokowi dan warga ini tampak jelas dalam jepretan detikcom. Saat itu Jokowi berada di seberang Hotel Grand Hyatt-Plaza Indonesia.

    Jokowi yang menunggang kuda sewaan dari pacuan kuda Pulomas, Jaktim, juga bolak-balik melepaskan sebentar topi kostum dengan ujung setinggi 40 cm tersebut.

    Sudah beberapa kali Jokowi kehausan dan minum air mineral. Sebelumnya, Jokowi sempat kehausan dan minum air mineral saat kuda yang ditungganginya masih melintas di Jalan Medan Merdeka Selatan menuju Jalan MH Thamrin. Kelelahan Jokowi ini kentara meski setia melempar senyum.

    "Haus," kata Jokowi disambut tawa warga yang menyemut di sisi kanan dan kiri jalur Jakarnaval.



    Kesimpulan:
    Klaim foto Presiden Joko Widodo tengah menenggak miras adalah salah. Faktanya, foto tersebut adalah momen ketika Jokowi minum air mineral karena kehausan saat mengikuti karnaval di Bundaran Hotel Indonesia.

    Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.



    Referensi:
    1.https://news.detik.com/berita/d-2288692/ketika-jokowi-kehausan-di-lautan-manusia-warga-dan-turis-terpesona
    2.https://archive.fo/acFM8

    Terkini

    .....KLIK 2X (CLOSE).....