Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masyaallah, Mulai Jumat Besok Seluruh ASN Muslim Kota Ini Wajib Salat Subuh Jamaah


BACANEWS.ID - Walikota Bukittinggi Erman Safar membuat gebrakan baru dengan program “Salat Subuh Berjamaah” tiap hari Jumat khusus buat ASN Muslim. Program itu akan mulai dilaksanakan, Jumat (5/3/2021) besok. Program itu dilaksanakan hingga masa jabatan walikota berakhir 2024 nanti.

“Ada kegiatan dan budaya yang kami ubah sedikit. Kita sudah berdiskusi dengan bapak Sekda, bahwa setap hari Jumat nanti sampai dengan 2024 kita wajib menyelenggarakan subuh berjamaah,” katan Erman Safar, dalam Apel Gabungan bersama ASN Pemko Bukittinggi di halaman Balaikota Bukittinggi, Senin (01/3/2021) pagi.

Sebagai konsekuensi program “Salat Subuh Berjamaah” itu, Erman sudah meminta Sekda Bukittingi untuk menggeser jadwal masuk kantor di hari jumat itu, karena bapak-bapak harus ikut ke masjid.

“Jadi mengantar anak sekolah anak pun akan kami geser jadwalnya. target kita adalah jumat ini harus kita mulai. Ini program pertama yang kita launching,” ujarnya.

“Salat Subuh Berjamaah” oleh Pemkot Bukittinggi yang akan diikuti ASN itu akan diselenggarakan setiap Jumat hingga tahun 2024 di masjid-masjid yang akan ditentukan nantinya.

“Bahwasanya seluruh ASN muslim di Kota Bukittinggi akan melaksanakan kegiatan Salat Subuh Berjamaah dimulai Jumat nanti setiap pekannya hingga 2024 nanti. Ini merupakan salah satu program utama kita saat ini,” imbau Erman.

Untuk jam masuk kantor dan sekolah akan digeser pada hari pelaksanaan kegiatan “Salat Subuh Berjamaah” tersebut. Sementara untuk teknis pelaksanaannya, dibahas dan diproses secepatnya. Erman juga telah meminta kepada Sekda dan Kepala SKPD untuk segera menindaklanjuti.

Walikota termuda dalam sejarah Bukittinggi ini mengungkapkan bahwa program “Salat Subuh Berjamaah” akan diisi dengan pengajian yang sistemnya bersilabus.

Erman Safar menjadi Walikota Bukittinggi pada pemilihan kepala daerah lalu dan baru saja dilantik pada Jumat (26/02/2021) bersama pasangannya Marfendi sebagai wakil walikota.

Diketahui Erman Safar memang identik dengan aktifitasnya dibidang keagamaan dan dikenal religius. Erman Safar juga akrab dengan ulama kondang Ustaz Abdul Somad (UAS), Ustaz Jel Fathullah, Ustaz Tengku Zulkarnaen dan Uztaz Zulkifli Muhammad Ali. Keempat ulama ini mengantar Erman Safar saat mendaftar menjadi Walikota Bukittinggi ke KPU.