Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benarkah Sosok Putih Bercahaya Muncul di Sidang Habib R, Mengejutkan Cek Fakta Ini




BACANEWS.ID - Beredar di media sosial, sebuah klaim yang menyebut sosok putih bercahaya muncul di sidang Habib Rizieq Shihab.

Klaim tentang sosok putih bercahaya yang disebut-sebut sebagai Waliyullah tersebut dibagikan dalam video unggahan saluran YouTube Jurnalis pada 20 April 2021.

Dalam video tersebut, tampak seolah sosok putih bercahaya muncul dan bersimpuh di hadapan Habib Rizieq yang duduk di kursi terdakwa ruang persidangan.

Berikut narasi yang ditulis:

BERITA TERKINI - SUBHANALLAH !!! WALIYULLAH MUNCUL DI PERSIDANGAN HABIB RIZIEQ | VIRAL HARI INI".

Lalu benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, klaim atas video dengan narasi menyebut sosok putih bercahaya muncul di sidang Habib Rizieq tersebut keliru.

Faktanya, dalam foto serupa yang dibagikan lebih dulu, tidak ada sosok putih bercahaya di sidang Habib Rizieq sebagaimana dimaksud.

Gambar tersebut merupakan hasil editan. Ditemukan gambar serupa pada foto halaman sampul artikel suaraislam.id berjudul "Habib Rizieq: Saya, Menantu, dan Dokter Andi tata Jadi Tersangka karena Laporan Bima Arya".

Artikel tersebut diunggah pada 27 Maret 2021. Dalam foto tersebut, tidak terdapat sosok putih bercahaya yang bersimpuh di hadapan Habib Rizieq seperti dalam klaim.

KESIMPULAN

Dari hasil penelusuran tersebut disimpulkan bahwa foto orang yang bersimpuh di hadapan Habib Rizieq ketika menjalani proses persidangan tida benar.

Klaim sebagaimana beredar itu masuk dalam kategori Konten yang Dimanipulasi.