Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Muhadjir soal Kamus Sejarah Terbitan 2017: Yang Tahu Hilmar Farid


BACANEWS.ID - Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy enggan banyak berkomentar soal penyusunan Kamus Sejarah Indonesia Jilid I yang tidak memuat tokoh pendiri NU Hasyim Asy'ari yang disebut dilakukan di eranya.

Ia menyatakan masalah itu sepenuhnya diketahui oleh Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hilmar Farid.

Hal ini diungkap Muhadjir menyusul pernyataan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyebut penyusunan kamus tersebut dilakukan sebelum dia menjabat sebagai Menteri, yakni pada 2017. Itu berarti di masa Muhadjir menjabat Mendikbud.

"Yang tahu duduk masalahnya Pak Hilmar Farid, Dirjen Kebudayaan," kata Muhadjir melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Rabu (21/4).

Muhadjir, yang kini menjabat Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), tak merespons lebih jauh terkait polemik buku ensiklopedia tokoh sejarah itu.

Sebelumnya, Nadiem mengatakan kamus sejarah yang saat ini menuai kontroversi itu disusun sebelum dirinya menjabat sebagai Mendikbud.

"Kamus sejarah ini disusun tahun 2017 sebelum saya menjabat," ungkap Nadiem dalam unggahan video di Instagramnya @nadiemmakarim, Rabu (21/4). []