Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesan Kapolri ke Semua Polisi: Bukan Saatnya Lagi Tutupi Masalah di Internal


BACANEWS.ID - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan Polri membuka diri terhadap pengaduan masyarakat. Salah satunya dengan adanya launching aplikasi Propam Presisi dan Dumas Presisi.

Kapolri Jenderal Sigit mengatakan, Polri saat ini membuka diri terhadap pengawasan internal dan eksternal. Tidak lagi menjadi Polri yang menutup diri atas permasalahan di internalnya.

“Saat ini bukan saatnya kita menutup-nutupi terhadap masalah-permasalahan yang ada di internal Polri. Kita buka ruang dari sisi masyarakat, oh ini,” kata Sigit dalam launching Propam Presisi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (13/4).

Sigit menuturkan, dengan adanya Propam Presisi akan diketahui permasalahan dan pelanggaran anggotanya di lapangan. Laporan itu diyakini akan terus meningkat.

Sigit sendiri ingin tahu kinerja anggotanya di lapangan. Bagaimana anggotanya dalam pelayanan, hingga sosok polisi di mata masyarakat.

“Saya menghitung pasti angkanya naik sangat tinggi terkait masalah pengaduan yang dilakukan anggota masalah ketidakpuasan masyarakat terhadap kepolisian. Dan itu adalah risiko yang kita siap kita tanggung. Dengan banyaknya itu, kita mengetahui kinerja kita di masyarakat seperti apa. Layanan kepolisian di masyarakat seperti apa. Sosok Polri di mata masyarakat seperti apa,” ujar Sigit.

Sigit meminta jajarannya tidak khawatir dengan pengaduan yang masuk. Justru hal itu diyakini akan menjadi tolak ukur Polri ke depannya lebih baik.

“Itu adalah tolok ukur kita sehingga institusi baik, personel yang mengawalinya institusi Polri jadi semakin baik,” ungkapnya. []