• Jelajahi

    Copyright © BacaNews | Baca Berita
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    iklan atas

    CEK FAKTA: Benarkah Fadli Zon Tak Tertolong atau Meninggal Dunia?

    BacaNews.id
    19 Juni 2021

    BACANEWS.ID - Beredar di media sosial, sebuah klaim yang seolah menyebut Anggota DPR RI Fadli Zon tidak bisa diselamatkan atau diasumsikan meninggal dunia.

    Klaim tersebut dibagikan kanal YouTube bernama Teropong Istana dalam sebuah video yang mengabarkan kondisi Fadli Zon.

    Dituliskan di sana sebuah narasi yang mengindikasikan bahwa Fadli Zon tidak bisa lagi diselamatkan atau dengan kata lain diasumsikan bahwa dia meninggal dunia.

    Pada foto thumnail video, digunakan foto keadaan seperti di rumah sakit dengan adanya satu pasien yang terbarng di tempat tidur rumah sakit dan telah ditutupi kain selayaknya seseorang telah meninggal dunia.

    "BERITA VIRAL - INNALILLAHI.. TAK KUASA MELIHATNYA TANGISAN KELUARGA TAK TERBENDUNG - BERITA TERBARU".


    Lalu benarkah klaim tersebut?



    PENJELASAN

    Berdasarkan penelusuran turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, klaim yang menyebut Fadli Zon meninggal dunia tersebut salah.

    Setelah video diputar, hal yang disampaikan dalam video berbeda dengan narasi yang tertera dalam thumbnail. Pada video tersebut, pemilik channel YouTube Teropong Istana menjelaskan tentang kondisi Fadli Zon yang terindikasi positif terpapar Covid-19 meski telah melakukan vaksinasi untuk kedua kalinya.

    Berdasarkan hasil penelusuran, tidaklah ditemukan fakta Fadli Zon meninggal dunia. Namun fakta yang ada ialah benar bahwa Fadli Zon terpapar Covid-19 meski telah melakukan vaksin untuk kedua kalinya.

    Disadur dari kompas.com, wakil ketua umum partai Gerindra Habiburokhman juga menjelaskan bahwa kondisi Fadli Zon pada saat terindikasi positif Covid-19 dalam keadaan yang stabil. Akan tetapi, ia harus menjalani perawatan di rumah sakit untuk memaksimalkan pemulihannya.

    Bahkan pada tanggal 8 Juni 2021 lalu, melalui akun Twitternya, Fadli Zon menyatakan bahwa swab yang dilakukannya pada pagi hari hasilnya negatif Covid-19.

    KESIMPULAN

    Berdasarkan penjelasan di atas, disimpulkan bahwa informasi yang mengatakan Fadli Zon tidak tertolong dan telah meninggal dunia adalah salah.

    Klaim tersebut masuk dalam hoaks kategori koneksi yang salah.

    Terkini

    .....KLIK 2X (CLOSE).....