• Jelajahi

    Copyright © BacaNews | Baca Berita
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    iklan atas

    Membandingkan Google Photos Setelah "Unlimited" Gratis Disetop

    BacaNews.id
    7 Juni 2021




    Mulai 1 Juni kemarin, benefit ruang penyimpanan tanpa batas (unlimited) gratis untuk menyimpan foto dan video "High Quality" di layanan Google Photos, resmi berakhir.

    Ke depannya, seluruh foto dan video "High Quality" yang diunggah ke Google Photos akan disimpan dengan menggunakan kapasitas penyimpanan gratis bawaan Google, yang sebesar 15 GB.

    Mereka bisa membeli kapasitas tambahan dengan harga mulai dari Rp 26.900 per bulan untuk kapasitas 100 GB.


    Google memang memberikan benefit penyimpanan gratis sebesar 15 GB bagi pengguna, yang bisa digunakan di berbagai layanannya, seperti Gmail, Google Drive, Google Photos, dan sebagainya.

    Berakhirnya benefit penyimpanan ulimited ini mau tidak mau mengharuskan pengguna untuk membayar biaya langganan, untuk mendapatkan ruang penyimpanan lebih, atau beralih ke platform cloud storage lainnya, seperti Photobucket, iCloud, Dropbox, Flickr, OneDrive, dan Amazon Photos.

    BACA JUGA :
    Dropbox Luncurkan Aplikasi Password Manager dan "Brankas" Dokumen
    Ini 5 Layanan Penyimpanan Foto Alternatif Google Photos
    Cari Foto di Google Photos Bakal Lebih Mudah dengan Filter Baru

    Baca juga: Google Photos Tak Lagi Gratis, Begini Cara Download Semua Foto

    Lantas, bagaimana perbandingan Google Photos dengan layanan penyimpanan cloud lainnya, setelah layanan gratis tanpa batas (unlimited) disetop?


    Terima kasih telah membaca Kompas.com.
    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email




    Lihat Foto




    Flickr

    Dibandingkan dengan Flickr, layanan penyimpanan foto ini memberikan layanan cuma-cuma untuk 1.000 foto per pengguna. File foto dibatasi hingga 200 MB dan file video hingga 1 GB.

    Untuk penyimpanan tak terbatas tanpa iklan, pengguna harus membayar 6,99 dollar AS (sekitar Rp 98.000) per bulan atau 59,99 dollar AS (sekitar Rp 855.000) per tahun, tidak termasuk pajak.

    Keuntungan lain dari keanggotaan tahunan berbayar termasuk statistik foto pengguna yang sedang tren dan berbagai diskon dari beberapa perusahaan, termasuk Adobe dan SmugMug, yang sekarang menjadi bagian dari Flickr.

    Apabila ingin menikmati media penyimpanan tak terbatas (unlimited), pengguna bisa merogoh kocek 7 dolar AS (sekitar Rp 100.000) per bulan.




    Lihat Foto


    Photobucket

    Sama seperti Google Photos, Photobucket juga menawarkan paket gratis terbatas, memungkinkan pengguna mengunggah hingga 250 foto secara gratis.

    Setelah masa percobaan, pengguna dapat memilik paket pemula (Beginner) dengan harga 5,99 dollar AS (sekitar Rp 85.000) per bulan atau 64,68 dollar AS (sekitar Rp 925.000) per tahun, yang memberi penyimpanan 25 GB tanpa iklan. Album foto juga dilindungi dengan password, dan tersedia editor gambar.

    Untuk paket menengah (Intermediate) terdapat biaya 7,99 dollar AS (sekitar Rp 114.000) per bulan atau 86,28 dollar AS (sekitar Rp 1,3 juta) per tahun, dengan fasilitas penyimpanan 250 GB dan hosting foto tak terbatas.

    Paket Expert memiliki fasilitas seperti di atas ditambah penyimpanan tanpa batas dan tanpa kompresi gambar. Paket ini bisa ditebus dengan biaya 12,99 dollar AS (sekitar Rp 186.000) per bulan atau 140,28 dollar AS (sekitar Rp 2 juta) per tahun.
    Amazon Photos

    menawarkan storage untuk menyimpan foto dan video secara cuma-cuma hingga 5 GB untuk pelanggan Amazon Prime yang membayar biaya berlangganan 13 dolar AS (sekitar Rp 182.000) per bulan.

    Pengguna juga bisa berlangganan layanan Amazon Drive Storage terjangkau dengan kapasitas storage melimpah, yakni dengan harga 2 dolar AS (sekitar Rp 28.000) untuk 100 GB per bulan.




    Lihat Foto




    iCloud

    iCloud gratisan bakal memiliki benefit storage iCloud sebesar 5 GB. Meski demikian, kapasitas tersebut bisa diperluas hingga 2 TB.


    Adapun layanan storage ekstra yang ditawarkan iCloud mencakup 50 GB (1 dolar AS/sekitar Rp 14.000 per bulan), 200 GB (3 dolar AS/sekitar Rp 42.000 per bulan), dan 2 TB (10 dolar AS/sekitar Rp 140.000 per bulan).

    Baca juga: iPhone Penuh, Simpan di iCloud Cuma Bayar Rp 15.000
    DropBox

    Alih-alih 15 GB seperti Google Photos, pengguna gratisan DropBox hanya akan mendapatkan media penyimpanan online sebesar 2 GB saja.

    Namun, mereka bisa memperluasnya dengan membayar biaya berlangganan Dropbox Plus senilai 10 dolar AS (sekitar Rp 140.000 per bulan) untuk penyimpanan ekstra 2 TB, sama seperti harga yang ditawarkan Apple untuk layanan iCloud.

    OneDrive

    Seperti Amazon Photos dan iCloud, pengguna gratisan OneDrive hanya bisa menikmati media penyimpanan dengan kapasitas 5 GB secara gratis.

    Pengguna lantas bisa membeli penyimpanan tambahan (OneDrive Standalone) dengan harga Rp 28.999 per bulan. Informasi selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.
    Kesimpulan

    Dengan membandingkan Google Photos dengan layanan penyimpanan foto/video lain di atas. Google Photos unggul dalam hal kapasitas penyimpanan gratis yang mencapai 15 GB, dibandingkan iCloud yang hanya 5 GB atau DropBox (2 GB) dan OneDrive (5 GB).

    Menurut Google, dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Minggu (6/6/2021), 80 persen pengguna Google Photos tidak akan menyentuh kapasitas 15 GB itu setidaknya hingga 10 tahun.

    Namun kapasitas yang besar itu mesti dibayar dengan kompresi foto (kualitas menurun). Foto yang disimpan dalam High Quality menurut laporan Consumer Reports, dikompresi menjadi 16 megapiksel.

    Ukuran itu masih cukup sebagai standar industri, dipakai untuk mencetak foto 16,40 x 10,88 inci 300 ppi.

    Pengguna memang masih bisa menyimpan foto dalam ukuran asli di Google Photos, namun hal itu akan membuat kapasitas penyimpanan menjadi lebih cepat penuh.




    Lihat Foto





    Selain itu, Google Photos juga memiliki fitur penting seperti pencarian atau Search. Google akan mengelompokkan foto atau video ke dalam beberapa kategori, seperti "people", "places", maupun "things".

    Dengan begitu pengguna akan lebih mudah menemukan foto berdasarkan kategori tersebut.

    Namun jika kualitas foto adalah hal yang utama bagi pengguna, dan harga bukan masalah, maka Anda bisa memilih Flickr atau Photobucket, keduanya memberikan perbandingan harga dan layanan yang sepadan.

    Google Photos sendiri hanya memberikan kapasitas penyimpanan 2TB per bulan dengan biaya langganan Rp 135.000.

    Dengan sedikit biaya tambahan (sekitar Rp 186.000 per bulan), Anda bisa berlangganan Photobucket tak terbatas dan tanpa kompresi.



    Sementara Flickr dengan harga tak berbeda jauh (sekitar Rp 98.000 per bulan) juga memberikan penyimpanan tak terbatas.

    Terkini

    .....KLIK 2X (CLOSE).....