• Jelajahi

    Copyright © BacaNews | Baca Berita
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    iklan atas

    CEK FAKTA: Benarkah Ma'ruf Amin Resmi Nyatakan Haram Buka Masjid dan Salat Idul Adha?

    BacaNews.id
    20 Juli 2021
    BACANEWS.ID - Beredar narasi yang menyebutkan jika Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin resmi menyatakan membuka masjid dan salat Idul Adha haram.

    Narasi ini dibagikan oleh akun Facebook Tv Not Not. Akun ini membagikan sebuh video yang berjudul "VIRAL HARI INI ~ ASTAUFIRLAHH !! WAPRES RESMI NYATAKAN HARAM BUKA MASJID & SHOLAT IDUL ADHA ? ~ NEWS".

    Dalam narasinya, Wapres Ma'ruf Amin disebut resmi menyatakan haram untuk membuka masjid dan salat Idul Adha. Video itu telah ditonton 4,8 juta kali dan mendapatkan 34 ribu komentar dari warganet.

    Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

    "ASTAGFIRULLAH !! WAPRES RESMI NYATAKAN HARAM BUKA MASJID DAN SHOLAT IDUL ADHA. KAMU INI APA APAAN !!! ISTIGFAR RUP MAKRUP. MINTA PERTOLONGAN KEPADA ALLAH JANGAN KAU TUTUP MASJID DAN HARAMKAN SHOLAT IDUL ADHA !!"

    CEK FAKTA Ma'ruf Amin Resmi Nyatakan Haram Buka Masjid dan Salat Idul Adha. (Facebook/Tv Not Not)

    Lantas benarkah klaim tersebut?

    PENJELASAN

    Berdasarkan penelusuran Tim CekFakta Suara.com, narasi Ma'ruf Amin menyebut masjid dibuka dan salat Idul Adha haram tidak benar.

    Hal ini setelah dilakukan penelusuran di Google Search dengan kata kunci "ma'ruf amin haram buka masjid dan salat idul adha". Hasilnya, tidak ada berita valid seputar itu.

    Artikel Ma'ruf Amin seputar Idul Adha sendiri sama sekali tidak membahas mengenai haram. Sebaliknya, Ma'ruf Amin hanya memberikan imbauan kepada umat Islam untuk melakukan salat Idul Adha di rumah.

    Artikel itu berjudul "Wapres Minta Masyarakat Patuhi Sholat Idul Adha di Rumah". Artikel dimuat dalam situs republika.co.id pada 13 Juli 2021 lalu.

    KESIMPULAN

    Dari penjelasan di atas, maka narasi Wapres Ma'ruf Amin menyatakan haram membuka masjid dan salat Idul Adha adalah hoaks.

    Narasi tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan atau misleading content.

    Terkini

    .....KLIK 2X (CLOSE).....