Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cek Fakta: Benarkah Video 'Jaksa Penuntut Kasus Habib R Kini Menerima Azabnya'?

BACANEWS.ID - Beredar sebuah video viral di jejaring media sosial Facebook dengan narasi jaksa penuntut Habib Rizieq Shihab (HRS) kini telah menerima azabnya.

Berikut narasi yang beredar:

“INI AZABNYA…JAKSA YANG ZALIM TERHADAP HRS” (di post).

“JAKSA WANITA YANG DZALIM DAN BENGIS TERHADAP HRS KINI TELAH MENERIMA AZABNYA”
(di dalam video).

Lalu benarkah klaim tersebut?

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Media Suara.com, sumber membagikan video yang berisi potongan video seorang wanita yang terbaring di ranjang rumah sakit.

Video tersebut tidak berkaitan dengan kasus HRS karena faktanya, video adalah unggahan tahun 2019. Unggahan ini menimbulkan premis/kesimpulan yang salah.

Salah satu sumber video, Lion Glosor pada 8 Juli 2019: “Video dokument keluarga kecil kami tentang gugur bayi dalam kandungan awal mula dikira sakit karna lambung setelah diagnosa ternyata hamil diluar kandungan (tumbuh bayi disaluran telur) dokter menganjurkan operasi jalan terbaik karna saluran telur pecah dan menyebabkan pendarahan hebat..” 
Benarkah Video 'Jaksa Penuntut Kasus HRS Kini Menerima Azabnya' (Turnbackhoax.id)

Video peristiwa di acara sidang HRS dari sudut pandang lain, Kompascom Reporter on Location: “Terdakwa kasus kerumunan di Petamburan, Megamendung, dan kasus tes usap RS Ummi Bogor, Rizieq Shihab menolak menghadiri persidangan secara online.”



Benarkah Video 'Jaksa Penuntut Kasus HRS Kini Menerima Azabnya' (Turnbackhoax.id)

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, video yang menyebutkan bahwa jaksa HRS kini telah menerima azabnya adalah Salah.