Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Muncul BEM Tandingan Kritisi BEM-UI, Mantan Anggota DPR Sebut "BEM yang dapat gaji dari BIN"

BACANEWS.ID - Sejumlah elemen mahasiswa yang mengklaim berasal dari Badan Eksekutif Mahasiswa Se-Jabodetabek menyayangkan sikap ekslusivisme BEM UI.

Elemen BEM yang berasal dari Jabodetabek itu menilai sikap yang dilakukan oleh BEM UI tidak mewakili perasaan Mahasiswa Indonesia.

Koordinator BEM Se-Jabodetabek Budi Rahmansyah menyayangkan sikap BEM UI yang terkesan mengambil momentum politis di tengah duka masyarakat yang menghadapi pandemi covid.

“Saat ini yang kami rasakan dan banyak dari keluarga mahasiswa yang berduka karena kelurga mereka banyak yang sakit bahkan meninggal karena Covid-19. Lalu BEM UI tanpa pernah mengetahui perasaan kita mengambil kesempatan politis di saat sulit,” ujar Budi dalam konpers Rabu (30/6/2021), seperti dilansir RMOL.

Menurut Budi arah pergerakan BEM UI sangat eksklusif dengan tidak pernah memperhatikan perasaan rakyat miskin sebenarnya.

Budi dan kelompoknya menyatakan kebutuhan rakyat miskin saat ini adalah bisa segera keluar dari situasi krisis Covid-19.

BEM UI dinilai Budi tidak mengerti dan tidak bisa bersikap empati karena diduga sudah disusupi oleh kelompok kepentingan politik tertentu.

“Tidak ada korelasinya mengolok-olok Presiden dan perubahan keadaan krisis saat ini. Apakah dengan BEM UI mengolok-olok Pak Jokowi lantas Covid-19 langsung hilang dan krisis langsung selesai?” kecam Budi.

Dalam konferensi pers itu disebutkan ada 10 BEM Sejabotabek. Mereka adalah BEM Indonesia Banking School, BEM STMIK Jayakarta, BEM Sekolah Tinggi Teknologi Bina Tunggal, BEM Universitas Islam Jakarta, BEM STMIK Mercusuar, BEM Universitas Ibnu Chaldun, BEM STIAKIn Sekolah Ilmu Administrasi Kawula Indonesia, BEM Universitas Azzahra, BEM Universitas Bhayangkara, BEM STMIK Pranata Indonesia.

Dikecam Netizen

Foto dan berita BEM tandingan ini beredar di sosial media dan mendapat kecaman netizen.

"KACAU....bukan hanya Partai Politik saja yg bikin tandingan, ternyata BEM pun juga ada tandingan. Seharusnya satu suara dan searah untuk kritisi Pemerintah bukan malah terpecah belah," ujar @adriCB8.

Bahkan mantan anggota DPR RI Djoko Edy Abdurrahman menyebut bahwa mereka adalah BEM yang dapat gaji dari BIN yang muncul sejak jelang pilpres lalu.

"Itu BEM yg dapat gaji dari BIN, jelang pilpres lalu. Menjijikan," kata Djoko Edy Abdurrahman di akun twitternya @Djoked2, Kamis (1/7/2021).