• Jelajahi

    Copyright © BacaNews | Baca Berita
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    iklan atas

    Para Ulama Indonesia Diisukan Sepakat Melarang UAS Ceramah, Fakta Sebenarnya Bikin Ngelus Dada

    BacaNews.id
    24 Juli 2021


    BACANEWS.ID - Sebuah video beredar di Youtube yang menyebutkan Ustaz Abdul Somad atau UAS dilarang berceramah oleh para ulama di Indonesia. Benarkah demikian. Berikut fakta dan penelusurannya.

    Video tersebut diunggah oleh Chanel Pilar Istana di Youtube pada Sabtu 24 Juli 2021.

    Video tersebut diberi judul "VIRAL TERBARU HARI INI - PARA ULAMA MELARANG UAS CERAMAH.

    Video tersebut pun diberi tumbnail dengan judul 'NASIB UAS BERAKHIR - ABU JANDA BOCORKAN SEMUANYA DIHADAPAN ULAMA'.

    Dalam video tumbnail tersebut digambarkan UAS dan Abu Janda sedang dipamerkan oleh para ulama.

    Isi video tersebut lebih banyak berisi tentang potongan-potangan video Abu Janda menjadi narasumber dalam podcast mantan politisi Nasdem Akbar Faizal.

    Selain itu, video tersebut juga berisi kutipan-narasi terkait kutipan Abu Janda terhadap Habib Rizieq Shihab, Ustaz Yahya Waloni dan Amin Rais.

    Fakta dan Penelusuran

    Dalam video berdurasi 10 menit tersebut, tidak ada keterangan tentang ulama di Indonesia melarang Ustaz Abdul Somad berceramah.

    Berikutnya, tidak ada sidang ulama dan debat antara Abu Janda dan Ustaz Abdul Somad seperti digambarkan dalam tumbnail video tersebut.

    Selanjutnya dalam video tersebut juga tidak ada bocoran yang disampaikan Abu Janda kepada para ulama.

    Video tersebut memang lebih banyak menampilkan Abu Janda menjadi narasumber dalam sebuah podcast yang dipandu oleh mantan politisi Akbar Faizal.

    Kutipan-kutipan yang disampaikan dalam video tersebut juga tidak menyebut ada larangan ulama kepada UAS untuk berceramah.

    Hingga saat ini, belum ada pernyataan resmi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menjadi wadah bagi seluruh ulama di Indonesia yang melarang UAS untuk berceramah.

    Berdasarkan fakta dan penelurusan tersebut, dapat dipastikan bahwa video yang ditayangkan Channel Youtube Pilar Istana adalah hoaks atau informasi yang menyesatkan.***

    Terkini

    .....KLIK 2X (CLOSE).....