• Jelajahi

    Copyright © BacaNews | Baca Berita
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    iklan atas

    Wali Kota Bogor Bima Arya Meninggal Dunia, Cek Faktanya

    BacaNews.id
    25 Juli 2021

    BACANEWS.ID - Video berdurasi 8 menit 40 detik yang diunggah oleh channel Youtube bernama kabar NKRI memuat tentang kondisi Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto yang menurut narasi pada thumbnail video mengindikasikan bahwa ia telah meninggal dunia, indikasi tersebut pula diperkuat dengan foto thumbnail yang memperlihatkan seorang pasien rumah sakit yang tubuhnya telah ditutup oleh kain kafan selayaknya seorang jenazah.

    “BERITA HARI INI~ANIES BASWEDAN SEMPAT MENJENGUK,KELUARGA BIMA ARYA H15.TER15~VIRAL BIMA ARYA TERBARU,” demikian narasinya.

    Penjelasan

    Dilansir dari turnbackhoax.id, setelah video tersebut diputar, informasi yang disampaikan ialah informasi mengenai permasalahan hukum antara Bima Arya dan Habib Rizieq Shihab terkait kasus Swab Test di rumah sakit UMMI Bogor.

    Selain itu, video tersebut memuat tentang pendapat ahli hukum Refly Harun terkait permasalahan kasus swab test dan juga pendapatnya terkait aksi teror yang dilakukan warganet kepada Bima Arya pada akun Instagram pribadinya usai adanya kabar terkait meninggalnya Jaksa Nanang Gunaryanto.

    Terkait dengan Anies Baswedan yang dikatakan pula sempat menjenguk Bima Arya sebagaimana narasi pada thumbnail video ialah informasi yang salah, karena dalam video tersebut kunjungan yang dilakukan oleh Anies Baswedan merupakan kunjungan dalam rangka melakukan inspeksi fasilitas kesehatan bukanlah kunjungan yang dilakukan untuk menjenguk Bima Arya.

    Lalu, bila melihat rekam jejak digital pada berbagai media sosial pribadi Bima Arya, keadaan Bima Arya hingga saat ini masih dikatakan sehat, karena melansir dari akun Instagram pribadinya yaitu @bimaaryasugiarto, pada tanggal 21 Juli 2021 lalu, ia baru saja melakukan kunjungan ke salah satu pondok pesantren yang ada di kota Bogor, selain itu pada tanggal 23 Juli 2021, ia juga melakukan peninjauan langsung dibeberapa titik bersama Kapolresta Bogor dalam hal pemberlakuan ganjil genap.

    Tidak hanya itu, melansir dari akun Twitternya, yaitu @BimaAryaS, pada tanggal 23 Juli 2021, ia baru mengunggah tweet terbaru terkait kondisinya saat itu yang sedang dalam keadaan santai sambil menyantap roti maryam dan meminum teh hangat dengan ditemani oleh keluarganya, hal tersebut mengindikasikan bahwa, pada saat ini Bima Arya masih dalam keadaan sehat.

    Kesimpulan

    Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait kondisi Bima Arya yang diindikasikan telah meninggal dunia ialah informasi salah atau masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

    Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta), informasi tersebut salah. Faktanya informasi pada video yang diunggah oleh channel Youtube kabar NKRI tersebut tidak memuat informasi yang sesuai dengan narasi yang tertera pada thumbnail video.(viva)

    Terkini

    .....KLIK 2X (CLOSE).....