Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketua HMI Abdul Muis Diculik dan Disekap Ngabalin? Cek Faktanya


BACANEWS.ID - Beredar video di Kanal Youtube Kopilogi dengan klaim ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Abdul Muis diculik dan disekap Ali Mochtar Ngabalin. Video itu diunggah pada hari Minggu (8/8/2021).

Berikut narasi yang beredar:

Narasi pada thumbnails:

“BIADAP KETUA HMI DI SEKAP DIPUKUL DAN DITEROR NGABALIN DITAWARIN UANG RATUSAN JUTA, BEGINI PENGAKUAN MUIS KETUA HMI”

Narasi judul video:

“BERITA TERKINI ~ DICULIK DAN DI SEKAP, PENGAKUAN KETUA HMI MENGEJUTKAN. BEGINI ULAH NGABALIN”




Lalu benarkah klaim tersebut?

Setelah ditelusuri Turnbackhoax.id -- jaringan Media Suara.com, video tersebut tidak berisi pembahasan mengenai Ali Mochtar Ngabalin ataupun pernyataan dari Ketua HMI.

Isi video tersebut adalah pembacaan artikel berjudul “Ketua PB HMI Abdul Muis Hilang, Refly Harun: Sepertinya Jokowi Ingin Bungkam Semua Aksi Unjuk Rasa” yang tayang di isubogor.pikiran-rakyat.com pada 8 Agustus 2021.

Disamping itu, video tersebut juga berisi artikel berjudul “Anggota Hilang Tanpa Kabar Saat Ingin Demo di Istana Negara, Pengurus PB HMI Akan Lapor ke Polda Metro Jaya” yang tayang di pelitanews.co pada 7 Agustus 2021.

Artikel dari pelitanews.co tersebut merupakan artikel lansiran dari artikel berjudul “Anggotanya Hilang Tanpa Kabar Saat Ingin Demo di Istana Negara, HMI Akan Lapor ke Polda Metro Jaya” yang tayang di pikiran-rakyat.com pada 7 Agustus 2021.

Pada ketiga artikel tersebut tidak ditemukan pernyataan atau pembahasan mengenai Ali Mochtar Ngabalin ataupun Ketua HMI.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, konten video di Kanal Youtube Kopilogi termasuk kategori Konten yang Menyesatkan.