• Jelajahi

    Copyright © BacaNews | Baca Berita
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    iklan atas

    Cek Fakta: Ngabalin Sebut Jokowi Keturunan Nabi Sulaiman, Beliau Bisa Biacara dengan Bebek

    BacaNews.id
    5 Maret 2021



    BACANEWS.ID - Sebuah akun facebook bernama Prabu Wicaksono mengunggah sebuah gambar tangkap layar dengan narasi Presiden Joko Widodo keturunan Nabi Sulaiman.

    Pernyataan itu dilontarkan oleh tenaga ahli utama di Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin.

    Berikut judul dalam gambar tangkap layar situs berita yang dibagikan akun tersebut: “NGABALIN: Jangan macam-macam sama Pak Jokowi, beliau keturunan Nabi Sulaiman,buktinya bisa bicara dengan Bebek”.

    Unggahan tersebut telah dibagikan sebanyak 19 kali dengan 29 komentar.

    Dikutip Jurnal Garut dari Turn Back Hoax Mafindo, berdasarkan hasil penelusuran dengan kata kunci “togognews.com” lamannya tidak ditemukan.

    Selain itu foto yang dicantumkan dalam artikel tersebut merupakan foto Ali Mochtar Ngabalin saat bertemu Presiden Joko Widodo. Ali Mochtar ditunjuk sebagai Staf Ahli di Kantor Staf Kepresidenan pada 2018 lalu.

    klaim Ngabalin menyebut Jokowi keturunan Nabi Sulaiman adalah salah. Faktanya, judul artikel tersebut suntingan dan situsnya tidak ditemukan dlama mesin pencarian.

    Foto identik tangkapan layar artikel itu, terdapat dalam artikel berjudul "Sering Kritik Jokowi, Lihat Ekspresi Ali Mochtar Ngabalin Ketika Akhirnya Merapat ke Istana". Artikel dimuat di situs Tribunnews.com pada 25 Mei 2018.

    Dilansir dari Medcom.id, Ali Mochtar Ngabalin tak pernah menyangka bisa menjadi tenaga ahli utama di Kantor Staf Kepresidenan (KSP). Ia menilai kondisi ini merupakan 'jalan Tuhan'.

    Ngabalin adalah salah satu tokoh kubu lawan Jokowi di Pilpres 2014. Ngabalin dulu terkenal paling nyaring mengkritik dan menyerang Jokowi. Tiga setengah tahun usai Pilpres, Ngabalin justru diajak merapat ke Istana.

    "Saya bilang ini jalan Tuhan dan Allah Ta'ala untuk kita harus memberikan berkontribusi," kata Ali dalam acara Prime Talk News, Kamis, 24 Mei 2018.

    Ngabalin mengaku tak asing dengan kompleks Istana Negara. Saat masih aktif di parlemen, Ngabalin menyebut kerap mondar-mandir ke Istana, baik untuk acara kenegaraan maupun pertemuan formal lain.

    "Waktu itu saya bilang ke Pak Pratikno (Mensesneg) apa yang bisa saya berikan kontribusi kepada pemerintah," ujar politikus Partai Golkar ini.

    Ngabalin diangkat Jokowi menjadi tenaga ahli utama di Kantor Staf Presiden (KSP). Dia berada di bawah deputi IV KSP yang membidangi komunikasi politik dan diseminasi informasi.

    Klaim Ngabalin menyebut Jokowi keturunan Nabi Sulaiman adalah salah. Faktanya, judul artikel tersebut suntingan dan situsnya tidak ditemukan dlama mesin pencarian.***

    Terkini

    .....KLIK 2X (CLOSE).....