Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Brigade Al-Qassan Merilis Jenis-jenis Rud4l Yang Dipakai Dalam Per4ng "Ped4ng Al-Qud5", Semua Buatan Lokal


BACANEWS.ID - Rudal Qassam terbang di atas langit Palestina yang diduduki, menghantam kota-kota Zionis dengan lahar eksplosif mereka, mengguncang target mereka tanpa henti.

Selama Pertempuran 11 hari "Pedang Al-Quds" (سيف القدس), Brigade Al-Qassam mengungkapkan untuk pertama kalinya penggunaan rudal jenis baru A120 - SH85 - Ayyash 250.

Sasaran Zionis juga dibom dengan rudal generasi yang sebelumnya digunakan seperti RQSJ-M75.

Usai gencatan senjata yang diumumkan sepihak Israel, Brigade Al-Qassam di situs resminya menyampaikan jenis-jenis rudal yang dipakai membombardir Israel dalam perang "Pedang Al-Quds". Rudal-rudal ini semua buatan lokal. Ada rudal yang baru, ada rudal jenis lama. Berikut rinciannya:

Rudal Ayyash 250

Ini adalah generasi baru roket Qassam yang diproduksi secara lokal. Diberi nama menurut nama komandan syuhada Al-Qassam, Yahya Ayyash.

Rudal tersebut diluncurkan pertama kali, atas perintah Komandan Staf Qassam Abu Khaled Muhammad Al-Deif, menuju bandara Ramon di selatan Palestina, sekitar 220 km dari Gaza, dengan jangkauan lebih dari 250 km dan dengan daya hancur yang terbesar. Kemenangan bagi Al-Aqsa dan bagian dari tanggapan atas pembunuhan para pemimpin dan para insinyur Qassam yang heroik, bagian dari pencapaian dan perkembangan mereka, dan rudal ini (Ayyash 250) dengan daya jelajah 250 km membuat setiap titik dari utara ke selatan Israel dalam jangkauannya.

Roket A120

Model lain dari roket Qassam yang diproduksi secara lokal, yang digunakan oleh brigade selama Pertempuran "Pedang Al Quds" dinamai sesuai nama syuhada Al-Qassam, Raed Al-Attar.
Brigade menggunakan rudal generasi ini untuk pertama kalinya dalam membom kota Yerusalem yang diduduki pada malam hari Senin 11/5/2021 dan kemudian menggunakannya dengan mengarahkan serangan rudal ke "Tel Aviv" dan sekitarnya, menewaskan 2 Zionis dan melukai sekitar 30 lainnya.

Rudal SH85

Sebuah rudal baru dirilis oleh Brigade Qassam, yang diluncurkan selama pertempuran "Pedang Al Quds", dan dinamai menurut nama komandan syuhada Muhammad Abu Shamala, dan jangkauannya mencapai 85 km. Brigade menggunakan jenis rudal ini untuk pertama kalinya dalam serangan rudal yang diluncurkan pada fajar Rabu 12/05/2021 ke Bandara "Tel Aviv" dan "Ben Gurion", dan mengakibatkan sejumlah kematian dan cedera serta kerusakan pada sejumlah besar bangunan.

Tiga jenis rudal di atas adalah rudal generasi baru. Berikut rudal generasi sebelumnya yang juga dipakai dalam perang "Pedang Al Quds":

Rudal M75

Rudal ini pertama kali digunakan selama Pertempuran Batu Sijil (حجارة السجيل) pada tahun 2012 M. Ini adalah rudal jarak jauh pertama Al Qassam yang digunakan mengebom markas Zionis Knesset di wilayah pendudukan, Yerusalem dan kota "Tel Aviv". Ini adalah kejutan yang tidak diharapkan musuh, dan setelah itu model rudal yang diproduksi dan dikembangkan secara lokal mengikuti. Di tangan pikiran, insinyur, dan Brigade Mujahidin Al-Qassam.

Rudal R160

Selama pertempuran 2014 العصف المأكول Brigade Al-Qassam juga mengumumkan rudal baru yang diwakili oleh rudal R160, dengan jangkauan peluncuran 160 kilometer, dan dinamai menurut nama pemimpin syuhada Dr. Abdel-Aziz Al-Rantisi, dan brigade tersebut mengebom kota Haifa yang diduduki pada hari Selasa 7-8-2014 tepat pukul 10: 06 sore.

Rudal J80-J90

Brigade juga mengumumkan selama pertempuran العصف المأكول rudal J80 yang digunakan untuk pertama kalinya, dan nama ini diberikan untuk menghormati Panglima syuhada Ahmed Al-Jabari. Rudal tersebut memiliki jangkauan 80 km, dan batalion membom pasukan Israel di kota Tel Aviv pada hari Selasa 7-8-2014, dan setelah itu, Brigade Al-Qassam menantang Kubah Besi Israel (Iron Dome) yang kubah imajinernya dapat mencegat atau menjatuhkannya dalam Tantangan Qassam, yang dikenal sebagai Tantangan Jam Kesembilan.

Roket Sijjil

Roket Sijjil sebelumnya telah digunakan oleh Brigade selama pertempuran العصف المأكول, juga digunakan membom Ashkelon selama pertempuran Hadd al-Seif pada akhir 2018 M, dan juga menyerang Ashdod dan Beersheba yang menyebabkan kehancuran yang luar biasa, dan brigade kemudian mengungkapkan bahwa mereka menggunakan rudal Inggris yang ditemukan di lepas pantai Gaza sebagai hulu ledak peledak untuk generasi ini, dalam proyek "Qasd Al-Sabeel".

Roket P12-P20

Rudal ini dianggap sebagai generasi pertama roket Qassam, yang diluncurkan pada 26 Oktober 2001, yang menyerang dengan jarak 12-20 km, dan perkembangannya berlanjut hingga generasi ini.

Dalam pertempuran "Pedang Al-Quds", Brigade Al-Qassam, sayap militer gerakan "Hamas", mengungkapkan bahwa serangan rudal pada 18 Mei 2021 yang menewaskan 2 orang dan melukai 20 lainnya, diarahkan ke Moshav "Ohad" di dalam kompleks Moftahim di Dewan Regional Eshkol, yang dilengkapi dengan rudal Q20. Mengusung howitzer 155 mm.

Brigade Al-Qassam masih menjadi pelopor Palestina di bidang pengembangan dan produksi rudal lokal yang diproduksi oleh tangan Mujahidinnya, yang menambahkan taktik perlawanan yang mengubah konflik ke tingkat lain yang bergetar, mengguncang penindas, mengganggu tidur penjajah, dan menabur teror di jantung para perampas Zionis.

Rudal Qassam buatan sendiri adalah titik balik yang menentukan dalam konflik, dan rudal dalam versi mereka yang ditingkatkan telah menjadi jarak menengah dan panjang, dan pendudukan memiliki seribu perhitungan.

(Sumber situs resmi Brigade Al-Qasaam: LINK)

***

Saksiskan Video ini... bagaimana roket-roket Al Qassam dilesakkan ke Israel

[Video]